Amankan Rumah Pakai SMS dengan Smart Home

Tak perlu khawatir meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Dengan SMS, mulai dari menjaga keamanan hingga mematikan semua alat listrik di rumah bisa dilakukan.

Dengan Smart Home, aplikasi buatan Aan Susanto, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), semua aktfitas di dalam rumah juga bisa terekam. Karena Smart Home juga dilengkapi dengan memory card.

"Semua peralatan yang menggunakan listrik bisa terintegrasi melalui ponsel melalui SMS. Sejauh mana aplikasinya, bisa dikondisikan dengan kebutuhan," terang Fifi Nenden, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Al Azhar Indonesia kepada detikbandung saat ditemui di stan pameran Iptek ITB di kampus ITB, Jalan Ganesha 10, Rabu (4/3/2009).

Menurut Fifi, Smart Home merupakan aplikasi peralatan yang dapat berinteraksi dengan memanfaatkan ponsel untuk kendali jarak jauh, dengan memanfaatkan SMS dan DTMF pada ponsel.

"DTMF adalah konversi frekuensi suara ke digital yg diterapkan pada telepon," jelasnya.

Smart Home juga dilengkapi dengan sensor-sensor yang akan merekam dan merespon aktifitas di dalam rumah. Mulai dari mematikan alat listrik hingga mengetahui ada penjahat yang masuk ke rumah.

"Misal terjadi kebakaran, sensor temperatur akan merekam kejadian dan merespon dengan mengirimkan SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Sehingga si penghuni rumah bisa mengetahui secara dini," jelas gadis berkerudung ini.

Bukan hanya itu, Smart Home juga akan menerima perintah melalui SMS. Fifi mencontohkan untuk mematikan alat listrik yang masih menyala, penghuni rumah bisa mengirimkan SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan dan Smart Home akan mengeksekusi perintah tersebut.

Cara kerja Smart Home pada dasarnya tergantung pada sensor yang dipasang seperti sensor obyek, sensor opto, sensor metal, sensor temperatur, sensor magnetik serta sensor yang lain.

"Produk ini masih prototype. Sejauh mana aplikasi yang bisa dilakukan oleh Smart Home itu tergantung seberapa banyak sensor yang dipasang. Semakin banyak sensor yang dipakai semakin smart" pungkasnya.

Mudah mudahan saja perangkat ini cepat launching ya,untuk mengurangi tingkaat kejahatan dan keamanan di negara kita yang sudah sangat memperihatinkan...

sumber berita yahoo.com

No comments:

Post a Comment