Membedakan Jenis Kelamin Cucak Ijo Muda

Di kutip dari tabloid Agro Burung No.316 Minggu II April 2006
Semoga bermanfaat.
Membedakan jenis kelamin CI “cucak hijau”. Apalagi yang masih muda hutan atau masih trotol, memang cukup menyulitkan. Ini yang sering dirasakan, baik oleh penghobi pemula maupun para penghobi lama, saat membeli bakalan muda hutan dipasar burung, maupun membeli dirumah pengepul cucak hijau.
Pasalnya, saat cucak hijau masih muda/trotolan sekitar umur 2-4 bulan. Selain bentuk fisiknya nyaris sama, bulunya pun warnanya sama hijau muda. Serta ada warna kuning, dibawah paruh sampai leher. Dan sepertinya, tidak ada ciri khusus yang membedakan antara yang Jantan dengan yang betina.
Namun bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menekuni cucak hijau akan sangat mudah melihat perbedaannya baik masih bakalan apalagi saat dewasa. Ada beberapa cara jitu untuk melihat perbedaan jantan dan betina. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli bakalan cucak hijau dipasar burung maupun dipengepul.

Pertama.
Bakalan jantan, jika masih berumur dibawah 4 bulan. Lihat alis yang melingkar di kedua dimatanya. Kalau alis matanya berwarna kuning, pasti itu jantan. Tapi, jika alis matanya itu berwarna putih. Bakalan itu jangan dipilih, karena itu jelas betina.


Kedua.
Selain bisa dibedakan dari melihat warna alis matanya. Juga bisa dilihat dari warnah paruh bagian bawah. Kalau yang jantan, paruh bagian bawah berwarna coklat tua. Sedangkan yang betina berwarna putih.

Ketiga.
Kalau bakalan itu sudah berumur diatas 4-6 bulan. Meskipun hal ini tidak terlalu sulit, tapi kita tetap berhati-hati. Sebab, ada kalanya si pedagang akan menipu pembelinya. Sebab bakalan yang sudah menginjak 4 bulan lebih. Untuk yang betina, warna kuning dileher. Akan berganti menjadi warna putih kehijauan. Biasanya kalau kita kurang jeli, warna putih itu akan disemir jadi hitam. Ini yang sering dilakukan oleh pedagang yang nakal.
Sedangkan yang jantan. Warna kuningnya, akan dipenuhi oleh trotol-trotol hitam. Dimana dua bulan berikutnya, warna hitam akan nampak lebih jelas dileher bagian bawahnya.
Dan selanjutnya, seiring cucak hijau itu bertambah umur. Warna hitam dileher bawah, akan terus menutup sampai dibawah matanya. Itu yang disebut nopeng (topeng red), oleh mania Jember. Sebab, dari paruh atas sampai mata serta leher ditutup oleh warna hitam. Itulah beberapa tips jitu, yang mungkin sangat berguna bagi para mania. Buktikan saat anda memilih bakalan cucak hijau.
________________________________________
Last edited by jo_qplie; 17 June 2006 at 09:20 AM.
Terima kasih sebelumnya kepada sumber artikel ini.

29 comments:

  1. Sekarang sih ga mungkin dibohongin penjual yang curang lagi dech, makasih Om.

    ReplyDelete
  2. CI bakalan punya sy alis matanya kuning tegas dan tebal, namun paruh bawahnya berwarna putih dan semakin menghitam diujungnya. trus kira2 jadinya nanti jantan ato betina boss kalo kasusnya demikian?
    Mohon pencerahannya, Thankz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pegang bagian pantat.a gan klw nt terangsang berarti itu cwe.a

      Delete
    2. ciri2 kalo di pegang terangsang tu bagai mana yah q juga pnya ijoan kya gtu alise kuning tapi paruh bawahnya putih

      Delete
  3. terima kasih tips memilih CI-nya

    ReplyDelete
  4. yg qu tau ci bakalan umur 2-4 bulan warna alis mata/leher nyaris sama, membedakan paruh nya, klo jantan coklat klo betina putih abuan kasar kasar,, lam kicau

    ReplyDelete
  5. tetap dari warnanya keliahatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya q sama kaya anonim d liat patat'y gmna yah kalo terangsang tug burunge bagai mana

      Delete
  6. Gan, gimana klo yg dri daerah medan?? Umur berapa ada warna kuning di dahi nya?

    ReplyDelete
  7. Kalo betina mau gak mau di beli jantan dewasa,nah bisa gak di tangkarin ya gan.

    ReplyDelete
  8. Mau ty nih gan,sy py cucak ijo bahan ank muda tp ga ada ijo nya di tenggorokan nya,itu ciri jantan atau betina ya gan,

    ReplyDelete
  9. thanks buat postinganya..bermanfaat sekali...jujur saya udah beli ci trotolan tp kena tipu terus 3x bolak balik tetep ditipu..sabar...diliat dri fisik memang ci trotolan jantan ma betina sama persis..alis mata sama2 kuning..cuma bedanya tebel apa tipis... bedanya di kepala cepak,datar/ bulat kecil..paruh bagian bawah coklat/putih (dekat keabu abu)..dan tulangsupit belakan tempat pembuangan kotoran burung rapat/longar ...sekarang saya jg masih kena tipu...ci trotolan saya beli dengan kondisi sudah keluar trotolanya...namun stelah 1minggu saya penasaran takut cewe ternyata bener cewe lg..trotolan yg sudah keluar dileher ternyata sudah disemir sedemikian rupa" namun setelah sya liat dimalam hari dgn mengunakan senter ( ci sy pegang) ternya ta terlihat jelas warna hijau muda yg tertutup hitam semiran..memang terlihat jantan,,namun setelah sy pegang tulag supit burung,,terasa jelas seperti ada tonjolan yg terpisah...maklum pemula...jd gampang kna tipu..burung awal dpt maharnya 400k..jd menurut saya beli yg udah pasti jantan dengan mahar yg berbeda lebih baik dr pada bahan..tp kl dapet bahan denagn ciri fisik yg mengacu pada jantan ya itu lebih baik..karna burung muda lbh mudah buat di poles..berbagi pengalaman aja,,kl burun ci trotolan betina dilihat dari depan ketika burung menatap kita terlihat burung bulat dan kecil..tp kl jantan terlihat cepak besar dan datar ( dilihat dr kepala gan) utuk jelasnya ya pegan dan diteliti jantan atau betina dari tulan supit dan ciri2 diatas...salam pemula..

    ReplyDelete
  10. klo untuk kluar nopeng nya,biasanya umur brp gan....??

    ReplyDelete
  11. Mantap infonya kawan2...
    Mnfaat bgi pemula maupun kawakan.

    ReplyDelete
  12. hati2 kena tipu, CI jantan bakalan dan betina dewasa sulit di bedakan, serupa tp tak sama (kelaminx)..
    waspada penipuan, krna CI lg booming...banyak pedagang (teman/org lain) nakal,
    lbh aman e beli CI yg udah nopeng, sedikit lbh mahal tp jaminan kepuasan..
    salam NGENTROKISME ..😁

    ReplyDelete
  13. cucak ijo anaan ngloloh dapet 1 sarung isi satu burung sudah pasti jantan ya ? bagaimana ngeliat jantan betinanya anakan umur 2 minggu gitu bos?

    ReplyDelete
  14. CI sy kok lum jg nongol bulu hitamnya, lingkaran dimatanya kuningnya, da mau stahun lum mncul jg, kira2 brapa lama gan nopengnya, mhon info

    ReplyDelete
  15. Gan gmn caranya agar cepet makan voer,tks

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Assallamualaikum...
    Om...apakah paruh lancip sm oval bisa jd patokan jantan/betina ? Ci sy bahan..sy liat paruh bawah nya oval tidak lancip...tp dimatanya melingkar kuning layaknya jantan....
    Tlg minta pencerahan om om.....mksh

    ReplyDelete
  18. Assallamualaikum...
    Om...apakah paruh lancip sm oval bisa jd patokan jantan/betina ? Ci sy bahan..sy liat paruh bawah nya oval tidak lancip...tp dimatanya melingkar kuning layaknya jantan....
    Tlg minta pencerahan om om.....mksh

    ReplyDelete