Jangan Minum Teh Saat Haid ???

Teh hijau memainkan peran yang sangat penting terhadap kesehatan manusia, tetapi tidak peduli seberapa baik makanan ada juga pantangannya. Bagi wanita yang sedang menstruasi minum teh hijau dapat mengganggu kesehatan, bahkan dapat menimbulkan beberapa kesulitan bagi tubuh.

Dalam masa menstruasi, wanita banyak kehilangan darah, sementara elemen penting sintesis hemoglobin manusia ---zat besi, akan ikut hilang bersama darah. Menurut penelitian, di samping hilangnya zat besi secara normal pada tubuh manusia, periode menstruasi wanita mengurangi 18-21 mg zat besi. Oleh karena itu, sering dianjurkan bagi wanita dalam periode ini untuk menambah keanekaragam- makanan kaya zat besi, seperti jamur hitam, hati dan seterusnya, sehingga untuk menghindari kekurangan zat besi yang dapat menngakibatkan anemia. Namun, jika Anda minum teh hijau selama menstruasi, malah berdampak buruk. Teh hijau mengandung tannin, dengan zat besi dalam molekul makanan, membentuk sejumlah besar presipitat mukosa menghambat penyerapan molekul zat besi di usus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau menghambat penyerapan zat besi yang lebih besar, terutama setelah makan malam diiringi minum teh.
Oleh karena itu, wanita dan penderita anemia, meskipun tidak menstruasi sebaiknya kurangi minum teh. 

Pada beberapa wanita saat menstruasi ada gejala sakit perut (sembelit), yang menurut penelitian diakibatkan oleh sekresei hormon LH (Luteinizing Hormon). Tannin dalam teh hijau dapat meningkatkan gejala sembelit, seperti asam tannic memiliki peran dalam konvergensi, dapat memperlambat gerakan usus, yang menyebabkan retensi tinja dalam usus.

Dalam masa menstruasi, sering disertai dengan stres, sakit perut, sakit kepala, payudara dan reaksi lainnya. Untuk menghindari reaksi-reaksi ini, harus mengendalikan emosi, jangan biarkan semangat terlalu sedih atau terlalu senang. Kandungan kafein pada teh dan kopi, teofilin dan kakao akan meningkatkan gejala dismenore, sakit kepala, reaksi asam lumbalis.

Bagi wanita yang terbiasa minum teh, jika menstruasi tiba-tiba berhenti minum teh sulit beradaptasi, Anda juga dapat mencoba obat kumur teh untuk memenuhi kecanduan teh, yang akan membuat anda yaman, serta untuk menghilangkan bau mulut dan melindungi gigi. (Health News/art) dikutip dari era baru


<<-Dibalik Letusan Dahsyat Krakatau 416 M, 1883, 1983

No comments:

Post a Comment