Mengatur User Account Control (UAC) Windows 7

User Account Control (UAC) merupakan sebuah teknologi dan infrastruktur keamanan diperkenalkan pada saat kemunculan Windows Vista dan Windows Server 2008. UAC bertujuan untuk meningkatkan keamanan Windows dengan membatasi software untuk pengguna standar hingga membatasi software yang harus mendapatkan kewenangan dari administrator. Jika berbicara mengenai kemanan, hal ini tentu saja merupakan suatu bentuk pencegahan dari berbagai bentuk ancaman seperti virus dan lainnya. Tetapi terkadang sebagian user merasa tidak nyaman ataupun terganggu dengan adanya UAC ini karena dinilai terlalu sering muncul di layar padahal software yang akan di gunakan diyakini telah aman.

UAC Windows 7 meiliki 4 level yaitu :
1. Always notify on every system change. Merupakan pengaturan untuk mengawasi setiap perubahan yang di lakukan pada sistem seperti pengaturan windows, instalasi software dll. Ini merupakan level tertingi,

2. Notify me only when programs try to make changes to my computer. Merupakan pengaturan yang tidak menampilkan UAC prompt Windows ketika mengubah pengaturan, seperti control panel dan tugas-tugas administrasi. Promt dibatasi kemunculannya jika terjadi perubahan pada sistem seperti instalasi software. Ini merupakan pengaturan default dari Windows.

3. Notify me only when programs try to make changes to my computer, without using the Secure Desktop. Pengaturan ini sama dengan no 2, tetapi UAC prompt muncul pada desktop normal bukan Secure Desktop. Meskipun hal ini berguna untuk driver video tertentu yang membuat desktop beralih perlahan-lahan, perhatikan bahwa Secure Desktop adalah sebuah penghalang untuk perangkat lunak yang mungkin mencoba untuk menipu tanggapan Anda.

4. Never notify. Mematikan UAC sama sekali.
Pengaturan UAC di Windows 7 dapat dilakukan dengan cara ketik UAC pada kolom search pilih Change User Account Control setting

Silakan pilih level pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan bagi Anda yang merasa terganggu atau tidak nyaman dengan fasilitas ini silakan matikan dengan memilih level 4. Tetapi suatu hal yang perlu di ingat, kenyamanan berbanding terbalik dengan keamanan. Jangan abaikan sistem keamanan yang sangat diperlukan semata-mata hanya karena untuk memperoleh suatu kenyamanan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment