GEOSENTRIS atau HELIOSENTRIS

Geosentris atau Heliosentris bukan hal pilih-memilih tapi lebih dari itu. Belakangan ini saya mulai lebih sering mencari tentang "pengertian" akan hal ini, saya jadi ingat lagi cerita tentang Bang Galileo Galilei yang dapat Hukuman mati oleh Kaum Gereja karena Alasan dia tidak mempercayai hukum fisika yang sudah berlaku dan sudah dibuktikan secara empiris oleh Bang Galileo snediri. Saat itu saya rasa itu sangatlah konyol! ternyata sekarang saya jadi berfikir ulang, jangan-jangan pikiran saya yang terlalu beku untuk memikirkan itu, yang dengan serta merta menerima pemikiran orang lain. Atau malah sebaliknya.


Berikut ini adalah beberapa “ bukti ” bahwa matahari mengelilingi bumi :


1.coba anda lihat di langit utara atau langit mana saja pada malam hari. bintang apa yang bertengger diarah sana pada jam anda melihat bintang tersebut. Ingatlah hari itu, kemudian lihatlah lagi pada langit yang sama pada malam hari tiga bulan berikutnya pada jam yang sama, bila kita bertemu lagi dengannya maka bumi kita tidak mengelilingi matahari, karena apa, bumi pada tiga bulan yang menurut teori bumi mengelilingi matahari berada pada posisi yang berbeda 90derajat, maka ototmatis bila teori bumi mengelilingi matahri benar, bintang yang kita lihat seharusnya sudah berbeda.

2.Tidak ada paksaan dalam beragama, bila Al-qur’an dan al-hadits sudah mengatakan bahwa matahari mengelilingi bumi, bahwa matahari selalu bersujud kepada Allah sebelum terbit, maka terserah kepada anda soal percaya atau tidak. Bagi saya saya lebih mempercayai Al-qur’an dan sunah daripada kedua mata dan telinga saya. Karena mustahil Allah berbohong.

Pada surat Faathir disebut bahwa Allah menundukkan matahari dan bulan,
masing-masing beredar menurut waktunya yang tertentu, sedang pada surat Yaa Siin disebutkan bahwa matahari beredar pada garis edarnya yang telah ditetapkan Allah, dan bulan mempunyai garis-garis edar yang telah ditentukan pula.Dan masih banyak surat lainnya yang menjelaskan, sebagai contoh :


Dan matahari berjalan ditempat peredarannya.
Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Q.S Yaasin :38)

Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari
dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang. (Q.S Ibrahim :33)

Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya
dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (Q.S Yunus :5)

3. Dalam tata bahasa arab, kata kerja dikenakan langsung keapada subyeknya. bila dikatakan matahari dan bulan memiliki garis edarnya, maka matahari dan bulan memilikinya. SEKALI LAGI! Allah takkan berbohong. (firman syah - August 12, 2006)


Apakah ini cukup menjelaskan? saya rasa saya cukup mengerti untuk hal ini, namun untuk saat ini saya harus terus menggali akan hal ini karena masih banyak sumber yang menjelaskan bahwa matahari mengelilingi bumi atau sebaliknya, saya terus mencari jawaban dari makna kehidupan bukankah itu jauh lebih baik dari pada menerima semua dengan serta-merta, bukan? karena kehidupan jauh lebih kompleks dari itu semua.


Berikut ini adalah link-link yang membahas tentang teori-2 tersebut :


http://alislamu.com
http://langitselatan.com
http://tech.groups.yahoo.com
http://ech.blogspot.com
http://www.mail-archive.com
http://harry.sufehmi.com

4 comments:

  1. Dodol.. hehe kidding..
    Gw mau jwab yg lu katain sbg "bukti"
    No.1) ngerti tahun cahaya kan?(kl blum plajari dlu hehe) sbnrnya chaya bintang2 yg kita lihat pd mlm hari adl chaya kadaluarsa sesuai jarak masing2 dlm tahun cahaya. Contoh:jarak matahari ke bumi adlh 8,3 menit cahaya, jd chaya mtahari yg kta trima adl 8,3 mnit yg lalu. Kl seumpma mtahari meledak, maka kita baru tau 8,3 menit kemudian, karena itu waktu yg dibtuhkan chaya smpe ke bumi brdsarkan jaraknya. Itu bintang trdkat kita, bayangin jika yang kamu lihat jaraknya berjuta juta tahun cahaya, mau lu lyat paz lu jd kakek2 juga sama hehe
    No 2 & 3 cuma mslah pemahaman. Q juga muslim, n alQur'an g mungkin bh0ng! Itu pasti! Bner matahari dll memiliki garis edar, tp ke pusat galaksi jg bisa kan?

    ReplyDelete
  2. ya monggo di kaji lebih dalam Om, Mungkin orang seperti Om inilah yang harus nya lebih tahu.

    ReplyDelete
  3. Kecepatan cahaya (+/-) 300.000 Km per detik , berlaku dalam segala jarak ruang dan waktu , baik informasi itu baru atau pun kadaluarsa , seharusnya jika benar terjadi perubahan informasi karena pejalanan bumi atau perubahan bintang-bintang dan posisinya karena peredaran bumi itu , tentu manusia di bumi semua akan melihat perubahannya dari detik per detik , jam per jam , hari per hari , tahun per tahun , setiap saat dari perubahannya , seperti sedang menonton siaran langsung piala dunia sepak bola dari afrika selatan , dan di Al-Qur'an juga tidak satu pun ayat-ayat yang tersurat atau tersirat , mengatakan bahwa Bumi Beredar tetapi yang banyak Disebut bahwa Matahari Beredar dan Bulan Beredar serta Rotasi Bumi , dan kenyataannya memang tidak ada perubahan atas informasi bintang-bintang karena peredaran bumi , jadi Geosentris memang bukti yang sesuai dengan kenyataan dan keadaan alam semesta .

    ReplyDelete