Clear C-MOS Dengan Tool Software Under Windows

Suatu hari saya mendapat Job AXIOO PICO-DJH. Kerusakan nya adalah tidak mau booting..
Netbook lansung saya hidupin di depan user, dengan maksud untuk ngecek bios nya, apakah boot sequen nya benar atau malah
Hard Disk nya yang tidak terbaca di BIOS, atau malah mati.

Setelah saya hidupkan langsung saya tekan F2 pada keyboard, karena biasanya unuk masuk bios pada notebook adalah dengan menekan tombol F2, Ternyata tidak bisa masuk BIOS, Tapi ada sekilas tulisan perintah; untuk masuk BIOS tekan DELL.setelah itu proses pencarian media booting, pertama mendeteksi LAN, Lalu netbook berhenti dengan tulisan insert boot media..
Lalu netbook saya matikan dengan cara menekan tombol power, karena CTRL+ALT+DELL tidak berfungsi...

Lalu netbook saya hidupkan kembali dan saya tekan tombol DELL secara continous..tapi hasilnya notebook tetap pada pendiriannya yaiyu tidak bisa masuk bios.
Lalu saya simpulkan KEYBOARD kemungkinan mati, maka saya lepas dan bersihkan slot keyboard nya, hasilnya sama. Saya coba pakai keyboard eksternal USB, hasilnya sama keyboard tidak jalan sama sekali. Kesimpulan sementara ; KEYBOARAD MATI.

Penasaran, kemudian saya lepas Hard Disk dari netbook, ternyata Hard disk idak terpartisi atau kemungkinan partisi hilang semua karena sering di hidupkan dan dimatikan secara paksa. Kemudian Harddisk saya partisi dan saya install OS di netbook lain, setelah selesai, saya coba pasang kembali di netbook AXIOO PICO-DJH yang sedang bermasalah....

Saya tunggu dengan berharap cemas, ternyata Netbook ttap seperti semula hanya sampai mendeteksi perangkat media booting. Anehnya Kenapa yang di deteksi saat booting ko hanya dari Lan Card saja ? Akhirnya saya coba pasang DVD Eksternal USB, dengan harapan Netbook mau booting dari DVD Eksternal lalu saya jalankan hirens untuk mendeteksi Harddisk nya, Alhamdulillah mau booting dari DVD, dengan pilihan booting bawaan hirens seperti ini ;

1. boot from local disk
2. boot Hirens boot CD
3. boot live XP
4. restart

Maksudnya saya mau pilih opsi no dua, yaitu boot hirens boot CD, tapi ternyata keyboard tetap tidak berfungsi. Karena netbook tidak bisa di apa-apakan, akhirnya waktu booting yang dhitung per detik pada CD Hirens sampai lah pada hitungan nol, eh ternyata netbook booting dari Hard Disk yang sudah saya Install OS tersebut dengan normal, setelah masuk OS, keyboard pun berjalan normal adanya tanpa kekeurangan apapun.

Saya coba lepas DVD Eksternal nya dan coba restart computer ternyata tidak bisa booting normal kalu tidak dipancing booting dari cd. Akhirnya saya simpulkan sebenarnya keyboard tidak bermasalah, hanya saja tidak berfungsi di under DOS, dan hanya fungsi di Under OS. Berarti kesimpulan terahir adalah BIOS bermasalah, saya coba clear C-MOS tapi malas bongkar-bongkar netbook..Ya sudah saya coba cari tool untuk clear C-MOS yang bisa jalan Under OS, kalu yang jalan Under DOS saya sudah punya, tapi masalahnya keyboard tidak fungsi under DOS...

Akhirnya saya temukan De-CMOS2.exe Aplikasi ini hanya sebesar 208 kb...Unduh, jalankan dan hasilnya memuaskan...Tool ini juga dapat berguna untuk menghilangkan password BIOS notebook...intinya tool ini berfungsi untuk clear C-MOS tanpa membuka casing Notebook atau Computer.

Untuk yang membutuhkan software De-CMOS2.exe silahkan unduh di sini, software ini free...selamat mencoba.


<<= Fenomena Midnight Sun, Matahari di Tengah Malam

11 comments:

  1. Good posting
    sangat bermanfaat !!!
    lanjutkan

    ReplyDelete
  2. Siip bgt deh blog "denis-thea****". isinya is the best.
    maju terus!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir...
      mudah-mudahan ilmu yg saya tulis disini berguna bagi seluruh pembaca..

      Delete
  3. Sip (y) om ane jg masalah sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan membantu..terima kasih sudah mampir...

      Delete
  4. permisi,, ada masalah yg sama... hardisk ga kedetek, tp hardisk normal ketika dijadikan USB, tp ga bs masuk OS baru starter udh restart sndiri terus-menerus... solusi gmn bang? ada software reset bios tp via booting DVD-External?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masuk bios bisa ga? kalau bisa, kemungkinan itu bukan dari bios nya, coba cek apa chipset atau processor nya over heat (terlalu panas)? kalau iya , bisa jadi itu yg menyebabkan restart2 terus. kalau HDD ga kedetek bisa jadi cuma setingan biosnya, coba masuk bios terus seting ke default factory, atau cari setingan HDD, pilih ACHI kalau OS nya win 7 atau IDE kalau OS nya XP or older.
      Nb: Kalau ga liat sendiri kadang ga bisa frediksi masalah ada di mana, jadi mudah2 an bisa bantu.

      Delete
  5. Kelihatannya saya punya masalah yg sama dengan laptopku. keyboard (tombol enter) tidak berfungsi saat booting, semoga dengan De-CMOS2 maslh bisa teratasi,sungguh artikel ini sangat membatu sy, Terima Kasih, Gan.. Lanjut terus..!!

    ReplyDelete
  6. Ko De-Cmosnya ga working?

    #at nb axioo pico

    ReplyDelete
  7. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual notebook AXIOO

    PICO CJM 825 BLack
    Price Rp 2.400.000

    Spesifikasi :

    OS : DOS
    Processor : Intel Atom Dual Core D2500
    Clockspeed : 1,86GHz
    Layar : 10”
    Grafik : Intel Graphics
    Memory : 2GB DDR3
    Storage : 500GB
    Optical Drive : no
    Networking : Fast Ethernet
    Wlan : IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Card Reader : yes
    Speaker : Integrated
    Camera : 0.3 Mpx
    Port : 1x external VGA por
    1x HDMI output port
    1x Headphone Jack
    1x Microphone Jack
    1x RJ-45 LAN port
    1x DC-in jack
    Battery : 6 cell
    Dimensions : 265 x 187 x 26.9 mm
    Berat : 1.25 kg
    Garansi : 1 Tahun

    Catatan khusus :

    *Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan stock barang dan warna barang silahkan menghubungi CS kami

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya


    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete
  8. Bagaimana yaaa... Saya mau instal notebook saya, aesuai prosedur tekan f2, tapi tetap saja minta pasword/unlock.

    ReplyDelete