Cara Memberi Nomor Halaman pada MS Word 2003

Dikutip dari : bangancis.web.id
Terima kasih kepada Bang Ancis , ilmu nya benar-benar bermanfaat khususnya bagi saya yang masih tahap belajar ngetik...walaupun mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang tapi banyak yang tidak begitu mengerti cara memberi nomor halaman pada MS Word (2003 )di Skripsi mereka, kalau asal insert page number sich tidak masalah, tapi masalahnya ada pengaturan yg mengatakan kalo untuk Halaman Bab (BAB I, BAB II dst) itu nomor halamannya dibawah sedangkan halaman lainnya nomor halamannya di atas kanan. Kebanyakan orang memilih memisahkan satu Skripsi itu menjadi beberapa file, maksudnya halaman Bab dari masing masing bab dipisahkan dari halaman isinya, jadi tidak perlu ribet2 lagi buat ngatur halaman. Kayaknya itu bisa mengatasi masalah tapi apa tidak memusingkan kepala dan file-filenya akan bertambah banyak? Karena itu, muncul ide untuk membuat postingan ini.

Sebaiknya sambil dibaca sambil dipraktekan biar lebih masuk.
1. Langkah pertama tentu kita harus membuka file MS Word kita yang mau dikasi halamannya.
2. Pilih menu File – Page Set Up – Layout and kasih centang pilihan Different first page lalu OK. Seperti gambar dibawah.


3. Selanjutnya pilih menu Insert – Page Number dan aturlah settingannya seperti gambar berikut :

INGAT, hilangkan centang di tulisan Show Number on first page
Setelah itu klik format untuk mengatur halamannya – OK



4. Sekarang lihat dan perhatikan hasilnya. Halaman pertama 100% tidak muncul halamannya kan? Untuk memunculkan halamannya, lakukan Double klik di bagian Header-nya halaman 2.

Sekarang pindahkan Kursornya ke Footer-nya halaman 1 trus tekan Ctrl + E untuk mengetengahkan kursor lalu klik insert sub menunya Header and Footer : Insert Page Number, seperti gini :

Hasilnya ± seperti dibawah ini lalu langsung aja klik close :



5. Nah sekarang perhatikan hasil sementaranya.... Halaman 1 nomor halamannya di bawah sedangkan halaman 2 dst. Nomor halamannya di kanan atas kan? tapi kayaknya masih kurang nih, Emang.......!!!! Untuk Halaman Bab-Bab selanjutnya gimana ya...................................?

Gini caranya.:
6. Sekarang pergi ke halaman Bab II trus taruh kursor tepat didepan tulisan B-nya Bab II, lalu klik menu insert – Break.
Setelah itu akan muncul sebuah kotak, disini sobat2 semua harus memilih Next Page, lalu OK



7. Sekarang lihat hasilnya, gimana???? Halamannya memang bener di bawah tengah tapi kenapa kembali jadi halaman 1 ya??? Akh gimana nih...?

Sekarang langkah terakhirnya ........
8. Pilih menu – Insert – Page Number – Format, lalu klik di Continue from previous section lalu OK.


9. Sekarang gimana? Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip...... halaman BAB II benar2 dibawah tengah dan nyambung sama halaman sebelumnya kan? Ok satu lagi, untuk Halaman Bab2 lainnya, lakukan langkah ke 6 – 8. OK? Ternyata Gampang kan? Semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment