Bisnis Es Kelapa Muda

Usaha ini cukup prosfek bila sudah berjalan dengan lancar, tapi dalam berbisnis saya sarankan jangan berfikir terlalu optimis tapi juga jangan pesimis, artinya kita harus benar-benar tahu keuntungan dan kerugian yang yang kemungkinan terjadi saat kita menjalankannya.

Es kelapa muda adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar utama kelapa muda/ degan(jawa). Minuman ini banyak diminati karena selain kesegarannya saat diminum di hari yang cerah juga harganya yang murah, selain itu kelapa muda hijau banyak dipercaya bisa mengobati keracunan.

Bahan-Bahan:
Disini kita akan membuat es kelapa untuk termos es ukuran 10 Liter jadi bahan yang dibutuhkan.

Kelapa muda 4 buah.
Gula pasir ½ kg.
Gula merah/jawa ¼ kg
Pandan wangi 3 lembar
Pemanis buatan 1 bungkus (bagi yg ingin alami, tidak perlu)
Vanili 1 sdm


Cara Membuat:
Siapkan 1liter air, panaskan hingga mendidih.
Lalu masukkan gula pasir, gula merah, pemanis, vanili dan pandan wangi.
Aduk hingga gula benar-benar mencair, setelah dirasa cukup matang, angkat dan dinginkan.

Siapkan termos es yang ukuran 10 liter, isi dengan es batu yang sudah dihancurkan, perlu diketahui es jangan terlalu halus agar bisa bertahan lebih lama.

Bersihkan kulit kelapa bagian luar dengan lap, Potong kelapa dngan menggunakan golok. Disarankan pakai golok yang agak besar dan panjang. Saat membelah posisikan kelapa membujur (bagian depan dan belakang memanjang dari kiri ke kanan), jangan sampai kelapa langsung terpotong saat dibelah, ini bertujuan untuk memudahkan saat mengeluarkan airnya.

Saat golok menempel pada kelapa (ingat kelapa dipotong, bukan dibelah), pegang gagang golok, angkat lalu arahkan ke atas termos yang sudah diisi es, ini bermaksud mengeluarkan air kelapa.

Setelah air kelapa habis, baru teruskan memotong kelapa tersebut. Lalu ambil bagian daging kelapa dengan cara dikerok menggunakan alat pengerok yang banyak di jual di pasar.

Setelah ke 4 kelapa selesai diproses, taburi dua sendok garam dapur untuk menambah rasa gurih pada es kelapa, lalu di aduk sampai keluar sari santan nya. Perlu diperhatikan lebih baik memakai satu kelapa yang agak tua atau kelapa yang pas buat pepes teri, jadi kalau kelapa jumlahnya empat, maka 3 kelapa muda dan satu yang agak tua. Ini bertujuan agar Es kelapa mengandung santan dan menghasilkan rasa yang segar dan gurih...segar dikarenakan kelapa yang muda dan gurih yang di peroleh dari rasa santan dan garam.


Cara Penyajian
Siapkan gelas isi dengan air rebusan gula yang telah dingin.
Lalu isi dengan Es kelapa yang tadi kita racik, usahakan takaran es batu, kelapa muda dan kelapa tua nya pas. Tambahkan sendok kecil yang panjang, dan sedotan.
Es kelapa siap di nikmati pembeli....loh ko pembeli ? ya iyalah kalau ga mau rugi kita jangan minum...he he.


Kalkulasi dalam jualan Es kelapa muda
MODAL:
4 buah kelapa muda @Rp. 3000,- => Rp. 12.000,-
Harga ½ kg Gula pasir Rp.6.000,-
¼ kg gula merah Rp. 3500,-
1 bungkus pemanis Rp. 2000,-
Vanili Rp. 1500,-
Pandan wangi Rp. 500,-
Garam Rp. 1000,-
Es balok Rp. 2000,-
Jadi Total Modal Rp. 28.500,-

HASIL KOTOR
Perlu diketahui satu termos es ukuran 10L bisa muat untuk 20 gelas es kelapa.
Satu gelas besar es kelapa dijual Rp.2500,-
Jadi hasil penjualan 1 termos / 20 gelas => Rp 50.000,-

KEUNTUNGAN
Hasil kotor – modal = keuntungan
Rp.50.000,- - Rp.28.500,- = Rp.22.500,-



<<= Beternak Burung Kenari

15 comments:

  1. selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas Uacapannya dan terimakasih juga sudah mampir...

      Delete
  2. yah lumayan jg usaha es kelapa ya.
    ok makasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sbetulnya jualan es kelapa muda memang prosfek, apalagi di musim panas dan bulan ramadhan sekarang...saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman teman saya yang sudah puluhan tahun jualan es kelapa di kota Cilacap, dan sekarang sehari bisa menghabiskan kurleb 3 termos besar es klapa muda..Terima kasih atas kunjungannya kpd Mas/Bp Wisnu..

      Delete
  3. Salam,
    Saya berencana untuk menjual minuman es kelapa muda di depan minimarket atau pasar.
    Tapi saya belum tahu sistem penjualan yg cocok untuk usaha seperti, berhubung sulitnya mengawasi jumlah minuman yg dijual / pemasukan uang. Apakah tetap dng sistem upah karyawan atau bagi hasil?
    Mohon sarannya. Terima kasih
    Hermanto

    ReplyDelete
  4. memang es kelapa menjanjikan patut di coba ,es kelapa muda yang segar dan alami daripada bubble yang penuh bahan kimia

    ReplyDelete
  5. Menjual es kelapa / degan memang menguntungkan. Saya yg masih pemula dapat berpenghasilan minimal 150rb/hr dan terkadang dapat menghabiskan sekitar 20 butir/hr bahkan lebih. Pesan saya bagi yg ingin berwirausaha jangan terlalu banyak pertimbangan apabila sudah ada modal dan tempat yg strategis jalankan usahanya.
    Trims Salam Termos.

    ReplyDelete
  6. Menjual es kelapa / degan memang menguntungkan. Saya yg masih pemula dapat berpenghasilan minimal 150rb/hr dan terkadang dapat menghabiskan sekitar 20 butir/hr bahkan lebih. Pesan saya bagi yg ingin berwirausaha jangan terlalu banyak pertimbangan apabila sudah ada modal dan tempat yg strategis jalankan usahanya.
    Trims Salam Termos.

    ReplyDelete
  7. Mohon tanya, beli vanili dan pemanis buatan di mana ya?

    ReplyDelete
  8. Saya penjual es kelapa muda,sudah 5 tahunan,kalo musim panas lumayan sehari ± 50 butir,kalo pas bln ramadan nyampek 100 san,saya juga menyediakan untuk rekan2 yg ingin mencari kelamud untuk di jual lagi,

    ReplyDelete
  9. Mohon tanya gan kalo gula bisa bertahan brapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpang promo saya jual kelapa muda harga Rp 4.000 min kirim 500 bisa hub no ini 083890568731

      Delete